Construction News

10 Gedung Tertinggi di Dunia

Kemajuan teknologi konstruksi telah melahirkan keajaiban-keajaiban dunia yang baru. Sekitar satu abad yang lalu, membangun gedung pencakar langit mungkin masih sekedar mimpi. Sekitar akhir abad ke-18, konstruksi bangunan gedung masih mengandalkan teknologi pasangan bata. Teknologi ini memiliki keterbatasan dalam tinggi yang bisa dicapai serta membutuhkan material dan tenaga yang ekstra untuk mencapai ketinggian lebih dari 10 lantai.

Pada tahun 1891, Gedung Monadnock di Chicago menjadi gedung tertinggi dengan teknologi konstruksi bata. Gedung ini dinobatkan sebagai gedung pencakar langit pertama dengan tinggi bangunan 64 meter dan jumlah lantai sebanyak 17 lantai. Untuk menahan beban yang besar dari dinding di atasnya, dinding penahan bebas di lantai dasar memiliki ketebalan 2.13 meter. Dinding yang ekstra tebal ini dirancang agar beban dapat disalurkan dengan baik dan bangunan dapat berdiri kokoh.

Sekarang, gedung tertinggi di dunia memiliki ketinggian 828 meter! Tinggi bangunan ini mencapai hampir satu kilometer. Perbedaan ketinggian yang kontras dengan bangunan tertinggi satu abad lalu menunjukkan bahwa teknologi konstruksi telah maju dengan pesat sehingga manusia mampu membangun gedung dengan tinggi ratusan meter. Bahkan sepuluh gedung tertinggi di dunia saat ini menunjukkan bahwa semua gedung tersebut memiliki tinggi lebih dari 500 meter!

Tahukah Anda gedung-gedung apa saja yang berhasil meraih predikat sebagai gedung tertinggi di dunia? Berikut adalah 10 gedung tertinggi di dunia di tahun 2020.

Taipei 101, Taiwan

Foto oleh Dfenix https://500px.com/chipchipknight

Nama gedung ini diambil dari jumlah lantai bangunan, yaitu 101 lantai. Jumlah lantai sekaligus menjadi simbol untuk menyambut abad yang baru (100 + 1). Gedung Taipei 101 mendapat predikat gedung tertinggi di dunia setelah menggeser Menara Kembar Petronas di tahun 2004. Dengan ketinggian hingga 508 meter, gedung ini sekaligus menjadi gedung tertinggi di Taiwan hingga saat ini. Walaupun gelar ini harus lepas pada tahun 2010 setelah dikalahkan oleh Burj Khalifa, Taipei 101 masih menyajikan pemandangan yang spektakuler karena ketinggian bangunan yang terlihat kontras dibandingkan bangunan-bangunan di sekitarnya.

China Zun, Cina

Foto oleh Bairuilong

China Zun merupakan gedung pencakar langit yang terletak di kawasan sentra niaga di Beijing. Dengan ketinggian 528 meter, gedung ini memiliki lantai sebanyak 108 lantai. Gedung ini sekaligus menjadi gedung tertinggi kedua di Beijing. Dirancang sebagai mixed-used building, gedung ini mengakomodasi area perkantoran sebanyak 60 lantai, apartemen mewah sebanyak 20 lantai, dan hotel 300 kamar sebanyak 20 lantai.

Tianjin CTF Finance Center, Cina

Foto oleh BD2412 

Mulai dikonstruksi pada tahun 2013, gedung ini meraih peringkat ke sembilan gedung tertinggi di dunia di tahun 2019. Tinggi bangunan ini mencapai 530 meter. Namun, jumlah lantai pada bangunan ini kurang dari 100, yaitu hanya 96 lantai. Dengan desain bangunan yang aerodinamis, bangunan ini meminimalisir beban lateral berupa angin yang menerpa bangunan. Dengan struktur megacolumns, bangunan ini memiliki tingkat kekakuan yang siap untuk menerima gaya gempa sesuai aturan bangunan di Cina.

Guangzhou CTF Finance Center, Cina

Foio oleh PQ77wd

Masih berada di Cina, bangunan ini memiliki ketinggian yang sama dengan Tianjin CTF Finance Center (530 meter). Namun Guangzhou CTF Finance Center memiliki jumlah lantai lebih banyak, yaitu 111 lantai. Ketinggian gedung ini sekaligus memberikan predikat sebagai gedung tertinggi ketiga di Cina. Fungsi yang diwadahi gedung ini beragam, yaitu shopping mall, perkantoran, apartemen, dan hotel. Gelar lain yang dimiliki gedung ini adalah gedung dengan material terracotta tertinggi di dunia. Gedung ini memiliki lift tercepat di dunia dengan kecepatan 21 meter per sekon, mengalahkan kecepatan lift Shanghai Tower di tahun 2017.

One World Trade Center, Amerika Serikat

Foto oleh Matthew Bellemare

Serangan teroris pada 11 September 2001 silam merobohkan gedung kembar World Trade Center yang berlokasi di New York. One World Trade Center dibangun menggantikan gedung yang roboh tersebut. Biro arsitektur yang merancang gedung ini, Skidmore, Owings & Merrill (SOM), juga merancang Burj Khalifa yang merupakan gedung tertinggi di dunia. Gedung ini memiliki tinggi 541,3 meter dengan jumlah lantai sebanyak 104 lantai. Gedung ini sekaligus menjadi gedung tertinggi di New York mengalahkan gedung Empire State di tahun 2012.

Lotte World Tower, Korea Selatan

Foto oleh Ox1997cow

Gelar gedung tertinggi di Asia tidak hanya dimonopoli oleh Cina. Korea Selatan juga memiliki gedung tertinggi di dunia yang menempati posisi ke-enam. Terletak di ibukota Korea Selatan, Seoul, gedung ini memiliki ketinggian 554,5 meter. Walaupun gedung ini baru dibuka pada tahun 2017, proses desain sebenarnya telah dimulai sejak tahun 1989 dan terus mengalami perubahan hingga mencapai desain yang sekarang. Dengan jumlah lantai sebanyak 123 lantai, gedung ini menjadi atraksi wisata baru di Seoul dengan observatory deck di lantai 117-123. Di lantai tertinggi, pengunjung dapat merasakan sensasi berjalan di lantai kaca. Kolam renang tertinggi di dunia juga terletak di lantai 85 Lotte World Tower.

Ping An Finance Center, Cina

Foto oleh Mx. Granger

Gedung ini semakin meramaikan daftar gedung tertinggi dari Cina. Dengan ketinggian 599 meter, gedung ini sekaligus memiliki observation deck tertinggi di ketinggian 562 meter. Jumlah lantai gedung ini adalah 115 lantai. Berlokasi di Shenzhen, gedung ini dirancang oleh Kohn Pederson Fox Associates, sebuah biro arsitektur dari Amerika Serikat. Rekor lain yang dipegang oleh gedung ini adalah gedung tertinggi kedua di Cina. Gedung selesai dibangun pada tahun 2017.

Abraj Al-Bait Clock Tower, Arab Saudi

Foto oleh Fadi El Benni

Mereka yang pergi haji tentu pernah melihat gedung ini. Gedung yang memiliki jam pada fasadnya ini menjadi gedung tertinggi di Arab Saudi ketika selesai dibangun pada tahun 2012. Dengan ketinggian 601 meter, gedung ini memiliki lantai sebanyak 120 lantai. Abraj Al-Bait, diterjemahkan sebagai “Menara Rumah”, kompleks kompleks gedung ini memiliki 7 buah hotel untuk mengakomodasi peziarah haji. Rekor lain gedung ini adalah jam terbesar di dunia. Pada empat lantai paling atas, terdapat museum yang terbuka untuk publik. 

Shanghai Tower, Cina

Foto oleh Baycrest – Wikipedia user – CC-BY-SA-2.5

Shanghai Tower adalah gedung tertinggi di Cina, sekaligus gedung tertinggi kedua di dunia ketika selesai dibangun pada tahun 2015. Dengan ketinggian 632 meter, gedung ini memiliki lantai sebanyak 128 lantai. Fasadnya yang memuntir dan tidak lurus sekaligus menobatkan gedung ini sebagai gedung tertinggi dengan bentuk yang memuntir. Lift pada Shanghai Tower juga sempat menjadi yang tercepat di dunia, dengan kecepatan 20.5 meter per sekon sebelum gelar ini direbut oleh Guangzhou CTF Finance Center.

Burj Khalifa, Uni Emirat Arab

Foto oleh Donaldytong via Wikipedia

Gedung yang sekaligus menjadi salah satu ikon kota Dubai ini masih memegang rekor sebagai gedung tertinggi di dunia sejak tahun 2010. Ketinggian gedung ini mencapai 828,9 meter! Dengan ketinggian yang spektakuler ini, gedung ini memiliki jumlah lantai sebanyak 154 lantai dan 9 lantai untuk maintenance. Arsitek dibalik gedung ini adalah Skidmore, Owings, dan Merrill dengan kontraktor Samsung C&T yang mengerjakan pembangunannya. Struktur utama gedung ini adalah beton bertulang. Sistem fasad gedung ini sudah dirancang untuk menahan panasnya iklim gurun. Ada banyak penghargaan yang diraih oleh Burj Khalifa, beberapa diantaranya adalah Outstanding Structure Award (2011) untuk sistem strukturnya dan International Architecture Award (2010) untuk rancangan arsitektur gedung.