Meningkatkan semangat kerja tim proyek anda

Sumber daya finansial dan material memang diperlukan agar proyek berjalan baik. Namun jangan lupa, semangat tim Anda juga menjadi sumber daya yang tidak boleh dilupakan!

Jika anggota tim proyek Anda mulai merasa lelah bahkan mengalami stress, performa tim Anda akan menurun drastis. Jika performa menurun, produktivitas pun juga akan menjadi tidak maksimal. Mereka kehilangan motivasi untuk mencapai tujuan proyek sehingga hasil pekerjaan pun tidak optimal. Akibatnya proyek pun bisa molor akibat tim tidak bekerja secara efisien.

Menjaga semangat kerja anggota tim adalah salah satu tanggung jawab manajer proyek. Anda perlu menjaga agar mereka tetap memiliki motivasi dan komitmen untuk melakukan peran mereka masing-masing di dalam proyek. Sebaik apapun rencana yang Anda persiapkan tidak akan berarti apabila orang-orang yang turut serta dalam proses eksekusi tidak bekerja sesuai peran yang diberikan. Jangan sampai bakat-bakat cemerlang anggota tim menjadi sia-sia akibat salah kelola sehingga tujuan tidak tercapai secara efektif dan efisien.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan agar tim Anda tetap semangat di dalam proyek? Berikut ini adalah langkah-langkah praktis yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan semangat kerja tim proyek Anda!

Bangun komunikasi yang intens dan personal

Komunikasi di sini tidak boleh dipahami hanya sebatas lewat rapat dan laporan saja. Anda juga perlu membangun kedekatan yang personal dengan anggota tim proyek.

Dengarkan pendapat dari anggota tim secara berkala. Anggota tim akan merasa dihargai apabila Anda menanyakan kendala yang mereka hadapi. Apabila Anda mampu untuk duduk bersama dan berdiskusi mengenai kendala yang mereka hadapi, mereka juga akan lebih semangat untuk menyelesaikan proyek.

Jadikan komunikasi sebagai sarana untuk mengenal tim serta menginformasikan mereka hal-hal yang mereka perlu ketahui tentang proyek. Bahkan apabila Anda mengalami masalah, tim Anda akan siap membantu jika komunikasi dibangun dengan baik. Feedback yang Anda terima dari anggota tim proyek bisa jadi akan berubah menjadi ide-ide menarik untuk diimplementasikan di dalam proyek.

Anggota tim proyek Anda adalah manusia. Mereka akan merasa sangat senang apabila pendapat mereka didengar. Mereka akan lebih bertanggung jawab karena merasa berarti di dalam pekerjaan mereka.

Berikan reward yang membangun

Reward untuk anggota proyek bukan hanya soal insentif dana tambahan. Berikan reward yang dapat membantu mereka meningkatkan kualitas diri. Contohnya, Anda dapat menanyakan apa hobi atau impian yang mereka ingin capai. Lalu berikan mereka hadiah berupa alat atau ikut sertakan mereka ke dalam kursus yang terkait dengan hobi mereka.

Walaupun hobi mereka tidak berkaitan langsung dengan produktivitas proyek, tetapi reward seperti ini justru akan lebih efektif dibandingkan dengan insentif dana tambahan. Reward seperti ini dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka sehingga mereka dapat bekerja lebih optimal.

Buat keputusan tegas

Hal lain yang mempengaruhi semangat tim adalah kemampuan Anda untuk memberikan keputusan yang tegas. Keputusan yang tegas menunjukkan bahwa Anda adalah sosok yang berwibawa. Mereka pun tak akan segan untuk percaya pada Anda karena mereka merasa berada di jalur yang benar.

Namun perlu diperhatikan bahwa keputusan yang tegas tidak sama dengan bersikap otoriter. Keputusan yang tegas lahir dari kemampuan Anda mengolah berbagai pertimbangan dan memberikan alasan yang logis di balik keputusan tersebut. Sikap yang otoriter justru akan membuat tim Anda menjauh karena mereka merasa tidak memiliki peran apa-apa di dalam proyek.

Berikan beban yang sesuai

Anda tidak bisa memforsir anggota tim untuk bekerja di luar beban yang mereka sanggup tangani. Alih-alih menjadi produktif, beban yang berlebihan justru akan menghambat pekerjaan mereka. Berikan beban yang sesuai namun cukup menantang agar mereka mampu meningkatkan kemampuan diri.

Langkah-langkah praktis di atas dapat Anda mulai dari sekarang agar semangat kerja tim proyek Anda tetap terjaga. Ingat bahwa anggota tim Anda adalah salah satu sumber daya yang berharga. Leadership atau kemampuan Anda untuk memimpin adalah bagian penting dalam kegiatan manajerial yang Anda lakukan. Semoga sukses!