10 Fakta Konstruksi Rumah Sakit Huoshenshan yang Membuat Kagum

Munculnya varian baru virus corona di Wuhan telah menghebohkan dunia. Per tanggal 13 Februari 2020, virus ini telah menjangkiti 45,000 orang di seluruh dunia dengan angka kematian mencapai 1,100 orang. Bahkan Provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran virus harus mengalami isolasi untuk mencegah penyebaran virus.

Tidak hanya di bidang kesehatan, bidang konstruksi juga dihebohkan dengan reaksi dari pemerintah China untuk mengatasi masalah penyebaran virus corona. Rumah Sakit Huoshenshan, yang menjadi pusat penanganan darurat virus corona, dibangun hanya dalam waktu 10 hari! Waktu pembangunan yang singkat membuat masyarakat dunia kagum dengan efisiensi konstruksi yang dilakukan oleh pemerintah China.

Konstruksi Rumah Sakit Huoshenshan (sumber: CNN)

Selain waktu pembangunan yang singkat, Rumah Sakit Huoshenshan juga memiliki fakta-fakta menarik lainnya. Berikut 7 fakta menarik mengenai Rumah Sakit Huoshenshan.

Dirancang Mengikuti Desain Rumah Sakit Xiaotangshan

Publik mungkin masih ingat dengan wabah SARS yang muncul pada tahun 2003. Pada saat itu, pemerintah China juga membangun fasilitas darurat Rumah Sakit Xiaotangshan yang digunakan untuk menangani penyebaran SARS. Rumah Sakit Huoshenshan dibangun mengikuti model rancangan Rumah Sakit Xiaotangshan dengan penyesuaian mengikuti kontur dan kondisi tapak.

Dibangun dengan Modul Prefabrikasi 

Konstruksi yang cepat dapat terlaksana berkat penggunaan modul-modul prefabrikasi. Setiap modul prefabrikasi memiliki ukuran 10m2 yang dapat menampung sekitar 2 unit ranjang pasien. Modul ini memiliki bentuk standar seperti kontainer. Setiap modul memiliki komponen terpisah yang dirakit di lokasi tapak. Pemilihan dimensi serta bentuk seperti kontainer juga dirancang agar pengangkutan ke lokasi site menjadi mudah dan cepat.

Modul Prefabrikasi sudah Dipersiapkan Sejak Lama

Walaupun merakit modul prefabrikasi di lokasi tapak memang membutuhkan waktu yang relatif singkat, namun produksi modul di pabrik tetap membutuhkan waktu yang lama. Menurut dugaan beberapa ahli, modul-modul prefabrikasi ini kemungkinan sudah dipersiapkan oleh pemerintah China sebagai bagian dari persiapan tanggap bencana. Oleh karena itu tidak heran ketika krisis terjadi, modul-modul ini siap untuk diangkut dan dirakit.

Modul unit prefabrikasi Rumah Sakit Huoshenshan (Sumber: Xinhua)

Luas Mencapai 60,000 m2

Dengan banyaknya jumlah kasus di Provinsi Hubei sendiri, Rumah Sakit Huoshenshan harus memiliki luas ruangan yang cukup. Untuk mengakomodasi jumlah pasien dan berbagai aktivitas penanganan virus corona, rumah sakit ini memiliki luas 60,000 m2! Luas bangunan sebesar ini diperlukan untuk menampung 1,000 pasien dan 1,400 tenaga medis.

Dibangun dengan Tenaga 7,000 Orang

Untuk membangun rumah sakit dengan luas 60,000 m2 dalam waktu 10 hari, pemerintah China mengerahkan tenaga hingga 7,000 orang! Jumlah tenaga konstruksi yang terlibat inilah yang menjadi alasan mengapa konstruksi dapat dilakukan dalam waktu singkat. Konstruksi pun dapat dilaksanakan non-stop sepanjang waktu. Selain itu, banyak pekerjaan yang dapat dilakukan secara bersamaan oleh 7,000 orang tersebut berkat modul prefabrikasi siap rakit.

Setiap Ruangan Dirancang agar Memiliki Tekanan Rendah

Mencegah virus menyebar keluar ruangan pasien merupakan persoalan penting. Oleh karena itu, tekanan udara di dalam kamar pasien lebih rendah dibandingkan ruangan lainnya. Hal ini bertujuan agar udara mengalir masuk ke dalam ruangan dan bukan sebaliknya. Dengan rancangan sistem utilitas seperti ini, virus dapat dicegah untuk keluar ruangan pasien.

Utilitas Dipasang di Luar Bangunan

Fitur konstruksi lain yang dapat kita amati adalah utilitas dipasang di luar bangunan. Hal ini dilakukan untuk mencegah virus masuk ke sistem saluran pengudaraan. Namun beberapa orang juga menduga bahwa pemasangan sistem pengudaraan di luar bangunan juga dilakukan untuk menghemat penggunaan ruangan.