Mengenal Henry Gantt, Tokoh Manajemen Proyek

Sebagai manajer proyek atau bekerja di bidang manajemen proyek, pasti sudah familiar dengan perangkat Gantt Chart atau Diagram Gantt. Tapi apakah Anda mengenal siapa sosok penemu diagram Gantt?

Gantt Chart atau Diagram Gantt merupakan diagram berbentuk batang yang mengilustrasikan penjadwalan proyek. Nama diagram Gantt diambil dari nama penemunya, yaitu Henry Gantt. Lahir di Maryland, Amerika Serikat pada tahun 1861, beliau menemukan diagram Gantt di awal abad ke-20.

Beliau mendapatkan gelar Bachelor of Engineering (setara strata 1) dari McDonogh School di Amerika Serikat pada tahun 1878. Ia kemudian melanjutkan pendidikan masternya di Stevens Institute of Technology dan mendapatkan gelar Master of Engineering. Setelah itu, ia bekerja sebagai engineer.

Henry Gantt bukan hanya dikenal sebagai seorang engineer. Ia juga dikenal sebagai sosok yang memperkenalkan sistem manajemen kepegawaian yang lebih manusiawi, aspek yang sering diabaikan oleh perusahaan-perusahaan di awal era industri. Dalam perjalanan karirnya, Henry Gantt juga tertarik untuk mengembangkan sistem manajemen yang lebih efisien.

Di tahun 1903, Henry Gantt mengembangkan diagram Gantt. Diagram ini mengilustrasikan jadwal proyek secara visual, sehingga lebih mudah dipahami. Terdapat dua komponen utama pada diagram Gantt: pada sumbu horizontal terdapat komponen waktu dan pada sumbu vertikal terdapat komponen aktivitas proyek yang harus diselesaikan. Metode ini sebenarnya sangat sederhana namun memiliki dampak yang besar pada dunia manajemen proyek. Manajer proyek dapat mencatat dan mengawasi kegiatan proyek lebih mudah karena jadwal proyek ditampilkan secara visual. Dengan melihat diagram Gantt, manajer proyek dapat melihat apakah proyek terlambat atau lebih cepat dari jadwal yang sudah ditetapkan.

Selain diagram Gantt, Henry Gantt juga memperkenalkan sistem bonus pada manajemen kepegawaian. Berdasarkan sistem ini, pegawai diberikan bonus sesuai dengan performa yang mereka berikan. Apabila performa mereka rendah atau tidak mencapai target, maka bonus tidak akan diberikan (hanya gaji dasar saja yang diberikan). Apabila performa mereka tinggi atau mencapai target bahkan melebih target, maka bonus dapat diberikan untuk memotivasi pegawai. Dengan sistem bonus, pegawai akan mendapatkan bayaran yang lebih layak sesuai dengan kinerja yang mereka berikan.

Henry Gantt meninggal dunia pada tahun 1919 di New York. Sebelum meninggal, ia sudah menghasilkan banyak karya, salah satunya dalam bentuk buku. Buku-buku yang ia tulis antara lain A graphical daily balance in manufacture (1903), Industrial leadership (1916), Work, Wages, and Profits (1916), dan Organizing for Work (1919). Namanya juga dipakai dalam penghargaan Henry Laurence Gantt Medal, sebuah penghargaan oleh American Management Association dan American Society of Mechanical Engineers untuk individu yang memberikan kontribusi di bidang manajemen. Sebagai bentuk apresiasi atas jasa-jasa yang beliau berikan, nama Henry Gantt menjadi penerima pertama penghargaan tersebut di tahun 1929.

Diagram Gantt di Masa Kini

Walaupun sudah lebih dari 1 abad lamanya, diagram Gantt tetap menjadi cara yang efektif untuk membuat dan mengawasi penjadwalan proyek secara mudah dan efisien. Dulu membuat diagram Gantt membutuhkan waktu yang lama, namun kini membuat diagram Gantt menjadi sangat mudah berkat berbagai perangkat digital yang tersedia di komputer kita. Salah satunya adalah dengan menggunakan Microsoft Project.

Dengan Microsoft Project, membuat diagram Gantt menjadi sangat praktis. Bahkan kita dapat menampilkan keterkaitan ( (dependencies) antaraktivitas proyek dan menentukan prasyarat aktivitas proyek yang perlu dipenuhi sebelum mengerjakan aktvitias proyek lain. Persentase ketercapaian proyek juga dapat ditampilkan untuk mengetahui kemajuan keberjalana proyek.

Apakah Anda ingin belajar Microsoft Project untuk mengembangkan keahlian manajerial proyek Anda? Di kelaskonstruksi.com, Anda dapat mempelajari berbagai keahlian manajemen proyek. Ikuti jadwal pelatihan yang kami sediakan agar Anda dapat menjadi manajer proyek yang handal!